Selamat Datang

Salam kenal untuk kamu.
selamat datang, mari saling mengisi, lalu terhanyut dalam diksi. Moumantay. :)

Thursday, November 27, 2014

Keluh manusia



“Anjir, panas banget ya siang – siang gini!” ujar kawan saya

Saat itu memang suhu udara sedang tinggi – tingginya. Menurut berita, bahkan suhu udara di Jakarta dapat mencapai 30 derajat celcius. Maklum, musim kemarau, saya dan kawan saya yang hendak membeli makan siang di depan kantor sangat merasakan panasnya bumi yang bagai demam saat itu. Kawan saya ini terus saja mengeluh bahkan ketika sudah sampai di tempat makan. “gila, kalo panasnya kaya gini, berasa pusing kepala gue!” ujarnya saat itu.

Dan...

Saat ini bulan November menuju awal Desember. Curah hujan makin tinggi. Seringkali hujan disertai angin menerpa sebagian daerah termasuk Jakarta.

“Bro, lo kehujanan gak tadi malem?” tanya kawan saya pagi ini.

“Nggak bro, tadi malem gue nunggu di kantor sampai hujannya berhenti, cuma dapet beceknya doang.” Jawab saya.

“Kampret!” dia mencibir, “gue kehujanan! Basahnya sampe dalem – dalem cuy, mana gue ngelewatin banyak genangan,  untung motor gue gak mati di tengah jalan, kalo setiap hari cuacanya kaya gini, bisa dua hari sekali gue nyuci motor nih”

Kawan saya ini berbicara dan terus saja mengeluh dengan hikmat seakan habis disuruh kerja rodi oleh J. P. Coen. Saya agak capek juga dengarnya.

“Bro, ngeluh melulu lo!” gue nyerocos balik, ”panas ngeluh, hujan ngeluh, capek juga dengernya bro, selaw lah, namanya juga musim hujan”

“Yaelah, manusiawi kali brooo” timpalnya.

Sejenak saya seperti tersentil, agak terganggu, tapi entah kenapa, saya merasa ada benernya. Mengeluh itu manusiawi? Apa iya? Mungkin iya. Mengeluh atas ketidaknyamanan itu manusiawi. Seperti saya saat ini yang tanpa sadar, sudah mengeluh karena terus mendengar kawan saya yang sedang mengeluh.

Hmm… saya kembali berfikir.

Mengeluh itu manusiawi, Apa iya?



No comments:

Post a Comment